Bimbingan Konsultasi Belajar

Bimbingan Konsultasi Belajar

Bimbingan Konsultasi Belajar

 

Bimbingan dan Konsultasi Belajar

Bimbingan dan konsultasi belajar atau lebih dikenal sebagai bimbel kian menjamur masyarakat. Persaingan memperoleh PTN terbaik adalah salah satu faktornya. Apalagi, di kota besar yang memiliki sumber daya manusia berdaya saing tinggi. Karena itulah, bimbel menjadi populer dan dikonsumsi oleh hampir semua siswa khususnya siswa SMA tahun terakhir.

Bimbingan belajar menyediakan tutor, soal latihan, dan sesi diskusi untuk memperdalam pemahaman ilmu yang sudah diperoleh siswa di sekolah. Namun, sadarkah siswa dan orang tua siswa, bahwa fungsi bimbel akan sangat berdampak apabila siswa rajin berusaha menjawab persoalan yang tidak dipahami kemudian menanyakannya pada tutor di bimbel? Inilah salah satu bentuk sikap proaktif pada siswa, memiliki inisiatif pribadi tanpa pengaruh dari instruksi tutor maupun desakan orang tua.

Konsultasi Belajar Efektif

Jumlah jam bimbingan dan konsultasi belajar tidaklah banyak. Rata-rata, siswa hanya berada di kelas bimbel selama 1,5 – 2 jam per sesi dengan jumlah sesi rata-rata 2 – 3 per pekan. Tentu saja waktu tersebut belum cukup untuk menggali konsep materi secara menyeluruh.

Siswa sebaiknya mendalami materinya sendiri, kemudian mencoba menjawab pertanyaannya sendiri demi mengalami proses belajar yang komprehensif. Dengan begitu, siswa akan memperoleh dua manfaat besar yaitu 1) meneliti konsep secara mendalam secara mandiri dan 2) mengingat materi secara konseptual dan lebih melekat.

Bimbel Proaktif

Oleh karena itu, bimbingan dan konsultasi belajar bukanlah sandaran utama calon mahasiswa PTN unggulan. Calon mahasiswa sukses adalah yang menerapkan manajemen belajar efektif, yaitu dengan menjadi siswa proaktif di bimbel. Sehingga, bimbel menjadi suplemen belajar yang efektif. Akan lebih baik lagi kalau diikuti dengan mendatangkan guru les privat ke rumah, sehingga siswa akan lebih dapat bertanya dan konsultasi dengan dengan tutor les privat untuk menanyakan berbagai hal tentang pelajaran yang masih kurang mengerti.

pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *